Bentuk canopy


Bentuk canopy rumah polycarbonate yang ada di masyarakat bermacam-macam. Namun secara garis besar bisa dibagi dalam dua bentuk, yaitu: bentuk canopy lengkung dan canopy minimalis.
Bentuk Canopy Rumah Lengkung
Canopy lengkung adalah canopy rumah yang atapnya berbentuk lengkung (cembung) dan pipa yang digunakan adalah pipa bulat. Canopy tumah dengan bentuk ini mempunyai beberapa keunggulan, diantaranya adalah: lebih kokoh dan tahan terhadap beban diatasnya atau beban dirinya sendiri.

Selain itu dengan bentuk yang lengkung, maka ketika turun hujan, suara yang ditimbulkan akibat tetesan air hujan tidak terlalu keras dibandingkan dengan yang bentuk datar.
Bentuk Canopy Rumah Minimalis
Canopy minimalis adalah canopy rumah yang atapnya berbentuk datar dan pipa yang digunakan adalah pipa kotak. Canopy rumah dengan bentuk datar ini mempunyai keunggulan saat ini yaitu bentuknya lagi nge-trend. Selain itu bahan yang dipakai lebih sedikit karena tidak memakai lengkung, jadi harganya sedikit lebih murah dibandingkan dengan canopy lengkung dengan jenis pipa yang sama.
Namun kelemahan dari canopy dengan bentuk datar ini adalah: tidak tahan terhadap beban diatasnya, bahkan ada beberapa canopy minimalis yang dalam jangka panjang mengalami penurunan di daerah tengah sehingga agak cekung. Bila terjadi hal semacam ini dikhawatirkan apabila kemiringan canopy itu kurang, maka air tidak mengalir.