Lantai Kaca


Penerapan lantai kaca memang tidak mencakup keseluruhan ruangan, cukup pada bagian tertentu. Misalnya untuk ruang di lantai dua dengan pemandangan lantai bawahnya. Atau diarea tangga dengan tambahan lampu warna-warni.
Pemilihan material kaca juga harus diperhatikan dengan benar. Kaca harus tepat dari sisi ketebalan, bentuk, serta dimensi bingkainya. Pertimbangannya adalah apakah jenis kaca tersebut dapat menahan beban, karena dalam pemasangannyatidak dilakukan diatas plat massif dan kokoh. Selain kokoh saat pemilihan material kacapun perlu mempertimbangkan kondisi kacanya. Jangan memilih lantai kaca dengan kecenderungan licin karena akan membahayakan penghuni rumah. Pilih yang bertekstur atau anti licin.
Lantai kaca mampu memberikan rasa takut dan menekan pikiran orang yang berada di ruangantersebut. Ruangan yang terlalu luas tak terbatas memberikan efek kehilanganorientasi terhadap seseorang. Ruangan dengan batas definitive yang sempit juga memberikan ketegangan secara psikologis bagi manusia.
Ukuran     : dimensi kaca laminasi memiliki ketebalan minimal sebesar 5,38 mm dan maksimum sebesar. Sedangkan ukuran standar kaca laminasi adalah minimal bewrukuran 100 mm x 100mm dan maksimum berukuran 2440mm x 3660 mm
Lantai kaca yang berukuran 3210mm x 6000mm dan memiliki berat beban maksimm sebesar 1 ton , dan pada situasi khusus. Kaca laminasi berukuran 7000mm bisa menahan beban hingga 2 ton . Berat beban kaca laminasi adalah 14,3 psf dan biasa menahan beban hidup sebesar 125 psf
Sistim pemasangan :
Konstruksi pemasangan lantai kaca laminasi memerlukan rangka besi yang dapat disusun 2 sisi atau dengan menggunakan rangka 4 sisi. Rangka dengan 4 sisi ini dapat berupa grid.

 

 
Langkah-langkahnya adalah :

 
Ukur sekeliling tempat yang akan dipasang lantai kaca, setelah itu pasang balok grid pada sekeliling tempat tersebut, kemudian buat sekat-sekat secara horizontal dan vertical dari sekeliling grid yang telah dipasang sebelumnya. Pasang potongan silicon pada tepi bagian dalam seluruh grid yang telah dipasang sebelumnya. Lalu pasang potongan silicon pada tepi bagian dalam seluruhgrid lantai sebelum memasang glass panels, kemudian lapisi pinggiran kaca laminasi dengan plester kaca untuk mencegah terjadinya kerusakan dan memastikan pemasangan yang teliti dan rapi. Gunakan vacuum cups secara berhati-hati untuk meletakkan tiap kaca pada tempat yang telah disediakan, sampai selesai, kemudian beri silicon sealant tranparan dan buang semua plester kaca.

 
Sistem perawatan    :
Kaca laminasi juga harus dirawat agar lebih tahan lama. Kaca laminasi harus sering diperiksa dari kerusakan yang disebabkan oleh benda keras yang jatuh dan merusak lapisan atas kaca laminasi. Segala keretakan pada kaca ini harus segera diperbaiki. Bahan pemoles dapat menyebabkan koefisien kaca berubah. Oleh karena itu perawatan kaca ini harus sesuai. Blok-blok grid lantai kaca ( yang biasanya terbuat dari aluminium) dan lantai kaca dapat dibersihkan menggunakan kain lembut dan sabun cuci yang lembut (mild) dengan gerakan menggosok. Lantai kaca tidak boleh dibersihkan menggunakan detergen,penghilang cat, atau pembersih yang bersifat mengikis permukaan benda dan untuk sehari-hari dapat dibersihkan dengan bulu pembersih debu. Caranya, semprotkan kain yang lembut dengan cairan yang sesuai untuk kaca laminasi. Usap kain pada permukaan kaca untuk menghilangakn debu. Untuk area yang bernoda tebal, gosok dengan gerakan yang melingkar untuk menghilangakn kotoran. Bersihkan semua permukaan kaca yang dapat dicapai.
Kaca akan bertahan lama jika dibersihkan secara rutin. Selain kaca yang dibersihkan secara teratur komponen lainnya seperti perekat, bahan antar kaca, finishing, dan perangkat keras. Konstruksi kaca juga harus mendapatkan perhatian sekurang-kurangnya setahun sekali. Untuk memastikan komponen pendukung kaca tetap dalam keadaan yang memenuhi syarat. Karena lantai kaca yang dapat berembun sebagai solusinya lantai kaca diberi celah diantara kaca dengan dudukannya. Celah ini berfungsi untuk menetralkan panas ruang dibawah kaca sehingga sama dengan temperature disekitarnya. Cara lain yang dapat dilakukan untuk menghilangkan embun adalah menyemprotkan cairan anti kabut kaca mata renang dan kaca mobil

 
Macam � macam lantai kaca :
  1. Laminated glass
    Adalah sejenis kaca yang lebih aman daripada kaca biasa karena tidak berbahaya saat pecah. Ketika kaca ini pecah, pecahannya akan melekat pada pelekatnya (interlayer), yaitu polyvynil butyral (PVB) dimana pelekat ini diletakkan diantara dua atau lebih kaca biasa. Pecahan kaca ini juga tidak berukuran yang besar dan tajam. Kaca ini sangat kuat sehingga kaca ini memiliki karakteristik pembentuk patra seperti jaring laba-laba ketika kaca ini retak. Kaca ini pada umumnya digunakan untuk kaca mobil, jendela bangunan bertingkat. PVB interlayer ini juga berfungsi untuk isoasi suara yang lebih baik dan menghalangi sebanyak 99 % transmisi cahaya ultraviolet.
     
  2. Lantai glass Block
    Pemasangan material lantai glass block harus memperhatikan beban berat yang akan dipiukul. Beban mati lantai glass block sebesar 20 psf. Beban hidup dianggap sebesar 100 psf. Dan segala beban tambahan ahrus disesuaikan dengan aturan kode bangunan yang berlaku. Permukaan lantai glass block difinishing dengan menggunakan sandblasted fisnish. Hal ini untuk mengurangi licinnya permukaan dan menjadi diffuser cahaya sehingga lantai tidak silau. 
Warna: bening dan berkesan futuristik.
Kekurangan dan kelebihan :
Kekurangan lantai kaca :
  1. Konstruksi tampak meragukan
  2. Privasi terganggu
  3. Memberikan efek takut saat melaluinya
  4. Memberikan rasa tidak nyaman meskipun berestetika tinggi
Kelebihan lantai kaca :
  1. Aman karena pecahan kaca tidak akan melukai manusia.
  2. Memberikan perlindungan karena meskipun kaca dirusak dengan menggunakan palu atau alat sejenisnya, PVB akan membuat pecahan kaca akan tetap merekat padanya.
  3. Sebagai pengurang suara.
  4. Sebagai pengontrol panas dan silau matahari
  5. Mampu memberikan sifat ringan pada suatu bangunan.